Waspadai Bahaya Jajanan Jalanan

Posted on

Waspadai Bahaya Jajanan Jalanan – Saat seorang anak pergi ke sekolah, maka sepertinya sebuah kewajiban orang tua untuk memberikan si anak uang jajan. Ya, namanya juga uang jajan maka akan dipergunakan untuk jajan. Membeli jajanan di jalan saat bersekolah memang sudah menjadi tradisi sejak dulu kala. Ketika seorang anak diberikan uang jajan maka orang tua merasa sudah melakukan kewajibannya, padahal sebenarnya akan lebih baik jika anak tidak dibekali uang tetapi diberikan bekal makanan dari rumah yang lebih sehat dan higienis.

Namun pada kenyataannya hal ini tentu akan sulit dilakukan karena anak sudah memiliki kebiasaan untuk membeli jajanan saat berada di sekolah. Seperti kita tahu bahwa jajanan yang banyak dijajakan di sekolah-sekolah tidak sepenuhnya sehat dan higienis. Karena banyak ancaman dan juga resiko yang akan didapatkan jika terlalu sering membeli jajanan di jalan. Terutama untuk anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Bagi para orang tua harus Waspadai Bahaya Jajanan Jalanan yang memang mungkin memberi resiko kesehatan pada anak-anak, dan kandungan berbahaya pada jajanan jalanan tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Adanya Kandungan Air Mentah
    Mungkin minuman yang dapat menghilangkan dahaga anak-anak dikala siang hari yang panas seperti es dawet, es cendol, sirup dan lain sebagainya sebenarnya tidak semuanya menggunakan air matang untuk minuman penghilang dahaga tersebut. Mengapa demikian? Karena banyak pedagang menganggap untuk pembelian harga bahan bakar saja terlalu tinggi maka tidak akan menutup harga penjualan. Dan tentunya hal ini sangat memprihatinkan. Karena bahaya dari air mentah adalah kuman dan bakteri yang terkandung di dalamnya dan salah satu penyakit yang di sebabkan jika mengkonsumsi air mentah yakni penyakit diare.



    Baca Juga Artikel Bermanfaaat Berikut:

  2. Adanya Tambahan Pemanis dan Pewarna Buatan
    Anak-anak tentunya akan suka dengan makanan manis berwarna-warni yang menarik perhatian, seperti jelly, permen-permen ataupun kue-kue kecil berwarna-warni yang sebenarnya tidak layak untuk dikonsumsi. Warna pada makanan tersebut kebanyakan mengandung pewarna buatan dan juga dengan tambahan pemanis buatan. Yang mana apabila banyak dikonsumsi tubuh akan mengganggu sirkulasi darah, kanker, gangguan mental juga dapat menyebabkan anak menjadi hiperaktif.
  3. Penggunaan Kemasan Plastik
    Untuk dapat menikmati semua jajanan tersebut biasanya akan menggunakan plastik sebagai pembungkusnya. Padahal seperti kita tahu bahwa tidak semua jenis plastik ramah lingkungan dan juga aman bagi kesehatan. Jika menggunakan bahan plastik yang terbuat dari campuran bahan kimia maka tentunya akan membahayakan kesehatan.
  4. Adanya Tambahan Campuran Narkoba
    Belakangan ini bayak para penjaja permen yang jualannya telah dibubuhi narkoba. Hal ini digunakan agar anak-anak menjadi kecanduan dan mudah untuk menggunakan narkoba kelak saat dewasa.

Itulah bahaya yang mengancam jika membeli makanan yang di jajakan di jalan. Untuk mensiasati hal tersebut maka ada baiknya jika orang tua mengikuti tips berikut ini :

  1. Sebaiknya usahakan agar anak selalu sarapan terlebih dahulu di rumah.
  2. Berikan bekal dan juga makanan kecil dari rumah agar anak tidak membeli jajanan di luar.
  3. Sebaiknya buat makanan bekal anak semenarik dan sekreatif mungkin agar anak menyukainya.
  4. Berikan uang jajan secukupnya dan tidak berlebihan.
  5. Biasakan budaya menabung.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini mengenai Waspadai Bahaya Jajanan Jalanan, semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat khusunya bagi para orang tua orang agar lebih peduli lagi akan resiko kesehatan anak dengan mengawasinya agar tidak jajan sembarangan. Semoga dapat bermafaat, salam sehat selalu!