Cara Ampuh Untuk Mengobati Kram Otot dengan Cepat

Posted on

Cara Ampuh Untuk Mengobati Kram Otot dengan Cepat – Hampir semua orang mengalami kram otot pada suatu waktu dalam hidup mereka. Hal ini terutama terjadi pada orang-orang yang berpartisipasi dalam olahraga. Faktanya, kram otot menimpa 39 persen pelari maraton, 79 persen atlet dan 60 persen pesepeda pada satu waktu. Kontraksi mendadak dan tidak disengaja ini bisa terjadi pada kelompok otot yang berbeda. Yang paling sering terkena adalah otot di bagian belakang kaki bagian bawah dan bagian depan serta belakang paha. Kram otot juga bisa terjadi di dinding perut, lengan, tangan dan kaki. Nyeri tajam yang intens adalah gejala yang paling umum. Bisa juga disertai dengan pembengkakan.

Dalam beberapa kasus, benjolan keras jaringan otot berkembang di bawah kulit. Kram otot bisa berlangsung dari beberapa detik sampai 15 menit atau lebih. Dalam banyak kasus, penyebab pastinya tidak diketahui. Namun, seringkali hasil dari penggunaan berlebihan otot Anda saat melakukan beberapa jenis olahraga. Penyebab lainnya meliputi cedera otot, dehidrasi, sirkulasi yang buruk dan defisiensi mineral seperti kalsium, magnesium atau potassium.

Hal ini juga dapat dikaitkan dengan kondisi medis seperti sindrom kaki gelisah, kompresi saraf tulang belakang, alkoholisme, kehamilan, gagal ginjal, diabetes dan hipotiroidisme. Obat-obatan umumnya tidak diperlukan untuk mengobati kram otot biasa. Namun, untuk mempercepat waktu pemulihan dan mengurangi ketidaknyamanan, Anda bisa mencoba beberapa solusi rumah sederhana.

Untuk memulainya, mulailah peregangan dan pijat otot-otot yang terkena. Anda juga bisa mengaplikasikan panas untuk mengendurkan otot yang tegang.

Berikut adalah metode pengobatan rumah untuk mengobati kram otot.

  1. Kompres dingin
    Setelah perawatan kompres hangat pada awal atau setelah rasa sakit membaik, gunakan kompres dingin pada otot yang sakit untuk memberikan kelegaan yang lengkap dari kram otot. Suhu dingin akan mematikan rasa sakit, mengurangi peradangan dan membiarkan otot yang terkena rileks. Setelah kram hilang, kompres dingin akan membantu mengurangi rasa sakit dengan menyempitkan pembuluh darah.

    • Bungkus segenggam es batu dengan handuk tipis dan taruh di area yang terkena dampak selama sekitar 15 menit. Ulangi setiap dua jam selama satu sampai dua hari.
    • Pilihan lainnya adalah mandi air dingin yang diperlukan untuk mengendurkan otot-otot yang sakit.




    Baca Juga Artikel Bermanfaaat Berikut:

  2. Garam Epsom
    Garam epsom juga bisa digunakan untuk mengobati kram otot. Magnesium dalam garam Epsom meningkatkan relaksasi dan penyembuhan otot.

    • Isi bak mandi anda dengan air hangat.
    • Tambahkan dua cangkir garam Epsom dan aduk sampai rata.
    • Berendamlah dalam bak mandi ini selama 20 menit.
    • Biasanya, setelah mandi akan menghilangkan rasa kam anda. Namun, jika diperlukan anda bisa melakukan hal ini keesokan harinya.

    Catatan: Garam epsom tidak boleh digunakan oleh mereka yang menderita masalah jantung, tekanan darah tinggi atau diabetes.

  3. Cuka Apel
    Bahan ini tinggi kalium, karena itulah cuka sari apel mentah dan tanpa filter membantu meringankan kram otot. Kalium rendah adalah salah satu penyebab umum kram otot. Selain itu, ada beberapa nutrisi dalam cuka sari apel yang membantu mengendalikan keseimbangan cairan dalam tubuh, sehingga mencegah dehidrasi.

    • Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dalam segelas air hangat. Minum larutan ini setiap hari untuk mencegah kram otot.
    • Untuk mencegah kram kaki nokturnal, Anda bisa mencampur satu sendok teh cuka sari apel dan madu dan satu sendok makan kalsium laktat dalam satu setengah gelas air hangat. Minum larutan ini setiap hari di malam hari, sekitar setengah jam sebelum tidur.
  4. Minyak Cengkeh
    Minyak cengkeh memiliki khasiat antiinflamasi yang membantu mengurangi peradangan otot kram dan pembengkakan. Selain itu, sifat anestesi minyak cengkeh akan membantu meringankan rasa sakit.

    • Panaskan sedikit minyak cengkeh.
    • Gosokkannya ke area yang terkena kram.
    • Pijat area ini selama lima menit.
    • Jika diperlukan, ulangi lagi prosesnya.
  5. Rosemary
    Rosemary memiliki khasiat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan jaringan otot yang meradang serta mengurangi rasa sakit dan nyeri. Selai itu rosemary juga memiliki efek pemanasan yang mendorong relaksasi. Bahkan bisa mempercepat waktu pemulihan karena rosemary mudah diserap melalui kulit.

    • Masukkan satu ons daun rosemary ke dalam botol dan isilah botol tersebut dengan air mendidih sebanyak satu gelas. Tutup dan biarkan selama 30 menit. Rendam kain lap dalam larutan hangat ini dan taruh di area yang terkena dampak selama 10 sampai 15 menit. Bila rasa sakit membaik, ikuti dengan kompres dingin.
    • Alternatif lainnya, tambahkan satu atau dua sendok teh rosemary kering ke satu cangkir air panas. Biarkan sekitar 10 menit dan kemudian saringlah. Minum teh ini dua atau tiga kali sehari.
  6. Latihan peregangan
    Melakukan latihan peregangan sederhana dapat membantu meringankan kram otot. Lakukan peregangan otot yang terkena kram selama 15 sampai 30 detik serta gosoklah daerah yang sakit dengan lembut untuk membantu membuat otot menjadi rileks. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya dengan cara berenang. Pergerakan otot dalam air membantu meregangkannya dan mengurangi rasa sakit. Ditambah, air dingin membantu mengurangi peradangan dan nyeri.

    Catatan: Jika peregangan menyebabkan rasa sakit menjadi lebih besar, berhentilah untuk melakukannya.

  7. Pijat
    Anda juga bisa memijat otot yang terkena kram untuk membantu meringankan rasa sakit. Pijat otot yang sekit sampai menjadi rileks. Setelah dipijat, kompres area yang sakit dengan handuk hangat. Sebagai bahan tambahan, gunakan minyak pijat yang disiapkan dengan mencampur satu sendok minyak wintergreen dengan empat sendok minyak sayur. Wintergreen mengandung methyl salicylate, yang mengurangi rasa sakit dan merangsang aliran darah.
  8. Perbanyak Minum Air Putih
    Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama kram kaki, baik pada seorang atlet maupun non-atlet. Meng Rehydrating tubuh Anda akan cepat meredakan sakit.

    • Minum satu sampai dua gelas air putih segera setelah mengalamai kram. Pastikan untuk minum air putih secukupnya sepanjang hari untuk mencegah kram.
    • Jika Anda cenderung mengalami kram otot saat berolahraga, minumlah air putih dua jam sebelumnya di setiap latihan serta istirahatlah teratur saat berolahraga.

    Seiring dengan minum air putih, makan lebih banyak buah dan sayuran yang mengandung banyak air untuk mengurangi kemungkinan dehidrasi dan mencegah kram otot.