Mengenal Gejala Penyebab dan Pencegahan Penyakit Jantung Tiroid

Posted on

Mengenal Gejala Penyebab dan Pencegahan Penyakit Jantung Tiroid – Pada kesempatan kali ini kami ingin mengajak anda untuk lebih Mengenal Gejala, Penyebab dan Pencegahan Penyakit Jantung Tiroid. Penyakit jantung tiroid merupakan penyakit yang disebabkan adanya pembekuan kolesterol pada dinding saluran darah. Pembekuan tersebut menyebabkan penyumbatan aliran darah pada bagian kapilari darah. Kapilari darah akan menjadi semakin sempit seiring dengan penumpukan kolesterol dalam bentuk plak tersebut.

Perlu diketahui bahwa Penyakit jantung tiroid dipengaruhi oleh hormon tiroid. Hormon tiroid yang berlebihan dalam tubuh akan berpengaruh pada jantung. Kerja jantung yang terpengaruh tersebut akan menyebabkan kegiatan pada metabolisme menjadi meningkat. Selain itu kinerja yang lain akan ikut meningkat seperti kinerja kronotropik, kerja intropik, dan pintas arteri-vena perifer. Hormon tiroid tersebut dihasilkan oleh kelejar tiroid. Ketika kelenjar tiroid kehilangan fungsi kerjanya dimana tidak mampu mengasilkan hormon tiroid, maka penyakit terkait tiroid akan muncul. Hormon tiroid yang dibutuhkan dalam ukuran yang dibutuhkan oleh tubuh dimana tidak kekurangan maupun kelebihan. Jika hormon tiroid terlalu banyak dikeluarkan oleh kelenjar keringat akan mengakibatkan hiertiroidisme. Penyakit jantung tiroid akan menimbulkan gejala – gejala seperti halnya penyakit lainnya. Gejala yang dialami yakni jantung mengalami debaran yang mengakibatkan berat badan berubah secara signifikan. Selain itu, gejala lain yang dirasakan pada penderita penyakit jantung tiroid yaitu pulsasi kapiler pada ujung jari, takikardi, pulsus seler, pembesaran jantung, irama jantung terganggu, dan kebisingan pada sistolik yang terkadang sering muncul.





Baca Juga Artikel Bermanfaaat Berikut:

Setiap penyakit pasti memiliki cara pencegahannya. Penyakit jantung tiroid ini pun juga memiliki pencegahan agar tidak sampai terjadi. Penyakit jantung tiroid tersebut memang bisa terjadi karena faktor bawaan atau gejala yang telah disebutkan diatas. Jika penyakit jantung tiroid yang dialami bukan merupakan penyakit bawaan maka dapat dilakukan pencegahan dengan proses pengurangan penyebab penyakit tersebut.

Cara pencegahan yang dapat dilakukan dengan pola konsumsi, olahraga secara teratur, mengontrol berat badan, dan menghentikan kebiasaan merokok atau tidak mencoba untuk merokok. Tentu dampak buruk rokok diketahui sangat tidak baik untuk kesehatan. Sedangkan pola konsumsi yang baik dilakukan yakni dengan mengonsumsi sayuran dan buah – buahan seperti apel, anggur, alpukat dan lain sebagainya.

Demikianlah tadi ulasan kita kali ini, dengan harapan anda dapat lebih Mengenal Gejala Penyebab dan Pencegahan Penyakit Jantung Tiroid. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat, salam sehat selalu!