Cara Mengobati Anemia dengan Bahan Alami

Posted on

Cara Mengobati Anemia dengan Bahan Alami – Berdasarkan penelitian, ditemukan sekitar tiga juta orang di Amerika menderita anemia, yakni suatu kondisi yang terjadi saat jumlah sel darah merah tubuh kurang dari biasanya. Sel darah merah mengandung hemoglobin, protein berbasis besi yang membantu sel darah membawa oksigen. Bila Anda menderita anemia, darah Anda tidak dapat memberikan suplai oksigen yang tepat ke organ dan jaringan Anda.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, laki-laki yang memiliki kurang dari 13 gram hemoglobin per desiliter akan menderita anemia. Bagi wanita, kriteria kurang dari 12 gram hemoglobin per desiliter.

Gejala anemia
Apa pun yang mengganggu rentang hidup normal sel darah merah dapat menyebabkan anemia, termasuk penurunan produksi sel darah merah, peningkatan kerusakan sel darah merah atau kehilangan darah yang berlebihan. Ada berbagai jenis anemia, tergantung penyebabnya.

Wanita dan orang dengan penyakit kronis berisiko tinggi mengalami anemia. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkannya adalah kehilangan darah yang berat saat menstruasi, kehamilan, bisul, gangguan usus, kanker, gangguan perdarahan, penyakit kronis lainnya, atau kekurangan zat besi, asam folat, vitamin B12. Beberapa jenis anemia juga dapat diwariskan.

Gejala bervariasi tergantung penyebabnya dan bisa berkisar dari ringan hingga berat. Gejala umumnya adalah kelelahan, kulit pucat, detak jantung yang cepat atau tidak teratur, sesak napas, nyeri dada, pusing, masalah kognitif, sakit kepala, tangan dan kaki dingin, kekurangan energi, rambut rontok dan tekanan darah tinggi atau rendah.

Anda dapat dengan mudah mengobati dan mencegah beberapa jenis anemia di rumah dengan beberapa pengobatan sederhana. Ikuti salah satu pengobatan ini sampai tingkat hemoglobin Anda menjadi normal.

Cara Mengobati Anemia dengan Bahan Alami
Berikut adalah Metode Pengobatan untuk anemia yang mudah dan ampuh :

  1. Bit
    Bit sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita anemia karena kekurangan zat besi, yang merupakan jenis anemia yang paling umum. Bit memiliki kandungan zat besi yang tinggi, bersamaan dengan serat, kalsium, potassium, belerang dan vitamin.

    Selain memberi nutrisi, bit membantu membersihkan tubuh dan memasok lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh sehingga pada akhirnya akan membantu meningkatkan jumlah sel darah merah tubuh.

    • Campurkan satu bit ukuran sedang, tiga wortel dan satu setengah kentang manis ke dalam juicer. Minum jus ini satu kali sehari.
    • Anda juga bisa makan bit sebagai sayuran yang dimasak atau dalam salad. Makan kulitnya untuk mendapatkan nilai gizi maksimal.
  2. Bayam
    Sayuran berdaun hijau seperti bayam adalah salah satu obat terbaik untuk anemia. Bayam kaya akan zat besi serta vitamin B12 dan asam folat, nutrisi penguat energi yang dibutuhkan tubuh agar pulih dari anemia.




    Baca Juga Artikel Bermanfaaat Berikut:

    Satu setengah cangkir bayam menyediakan hampir 35 persen nilai harian zat besi Anda dan 33 persen dari nilai harian asam folat Anda.

    1. Minum sup bayam dua kali sehari. Untuk menyiapkan sup, ambil 1 cangkir bayam dan haluskan dengan menambahkan sedikit air. Panaskan 1 sendok teh minyak zaitun extra-virgin di dalam panci, tumis beberapa siung bawang putih cincang dan bawang merah di dalamnya sampai coklat. Tambahkan bayam yang dimurnikan dan sedikit garam dan masak dengan api kecil selama 5 – 10 menit.
    2. Anda juga dapat meminum campuran dua sendok teh madu dalam segelas jus bayam segar. Minumlah ramuan ini sekali sehari.

    Ikuti salah satu dari pengobatan ini setidaknya selama satu bulan.

  3. Delima
    Delima kaya akan zat besi dan mineral lainnya, seperti kalsium dan magnesium. Delima juga mengandung vitamin C, yang membantu meningkatkan penyerapan zat besi tubuh. Hal ini akan meningkatkan lebih banyak sel darah merah dan peningkatan kadar hemoglobin.

    • Campur satu cangkir jus delima, satu sendok teh bubuk kayu manis dan dua sendok teh madu. Minumlah ini setiap hari saat sarapan.
    • Sebagai alternatif, ambil dua sendok teh bubuk biji delima kering dengan segelas susu hangat minumlah satu atau dua kali sehari.
    • Anda juga bisa makan buah delima berukuran sedang setiap pagi dengan perut kosong.
  4. Benih wijen
    Biji wijen juga bagus untuk mengobati anemia karena kandungan zat besinya yang tinggi. Sepertiga biji wijen menyediakan hampir 30 persen kebutuhan zat besi harian.

    • Rendam dua sendok makan biji wijen hitam dalam air selama dua sampai tiga jam. Saring dan buat pasta dari biji yang direndam. Tambahkan satu sendok makan madu dan aduk rata. Konsumsi campuran ini dua kali sehari.
    • Alternatif lain, rendam satu sendok teh biji wijen hitam dalam air hangat selama dua jam. Giling campuran menjadi pasta dan kemudian saring untuk mendapatkan emulsi. Campur emulsi dalam secangkir susu hangat, tambahkan madu dan minumlah sekali sehari.
  5. Kurma
    Kurma merupakan sumber zat besi dan vitamin C yang berperan penting dalam penyerapan zat besi tubuh.

    • Rendam dua kurma dalam secangkir susu dalam semalam. Keesokan paginya, makan kurma dan minum susu dengan perut kosong.
    • Sebagai alternatif, Anda bisa makan beberapa kurma kering pada waktu perut kosong di pagi hari, diikuti oleh secangkir susu hangat.
  6. Apel
    Apel kaya akan nutrisi termasuk zat besi, sehingga apel banyak membantu dalam mengobati anemia.

    • Makan setidaknya satu apel setiap hari. Jika memungkinkan, pilihlah apel hijau dan makanlah dengan kulitnya.
    • Anda juga bisa mencampur bagian yang sama dari jus apel segar dan jus bit dan sedikit madu. Minum jus ini dua kali sehari.
  7. Pisang
    Tingginya zat besi pada pisang merangsang produksi hemoglobin dan banyak enzim lainnya yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Buah ini juga adalah sumber magnesium yang baik yang dapat membantu sintesis hemoglobin.

    • Makanlah satu pisang matang bersama satu sendok makan madu dua kali sehari.
    • Sebagai alternatif, campurkan satu pisang matang dan satu sendok makan jus gooseberry India (amla). Makan ini dua atau tiga kali sehari.
  8. Kismis Hitam Kering
    Karena konsentrasi besi dan vitamin C yang tinggi, kismis hitam kering telah terbukti menjadi pengobatan anemia yang sangat efektif. Vitamin C meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi, meningkatkan sel darah merah dan hemoglobin.

    1. Rendam 10 sampai 12 kismis hitam kering dalam air dalam semalam.
    2. Keesokan paginya, keluarkan dari air dan buang bijinya.
    3. Makan setiap hari sebelum makan sarapan Anda.
    4. Ikuti obat ini selama beberapa minggu.
  9. Fenugreek
    Kandungan zat besi tinggi di fenugreek akan membantu menjaga zat besi dalam darah Anda. Ini juga membantu produksi sel darah merah baru. Baik daun dan biji fenugreek bisa digunakan dalam pengobatan anemia.

    • Masaklah satu cangkir nasi dengan dua sendok teh biji fenugreek. Tambahkan garam dan makan sekali sehari setidaknya dua sampai tiga minggu.
    • Anda juga bisa menggunakan daun fenugreek dalam masakan Anda, terutama di sup atau salad.

Pengobatan di rumah ini sangat bagus untuk memulihkan jumlah sel darah merah yang sehat pada orang-orang yang menderita anemia. Mengikuti diet seimbang sangat penting untuk mencegah penyakit ini kambuh lagi. Semoga Bermanfaat!