Tips dan Cara Meningkatkan Daya Ingat

Posted on

Tips dan Cara Meningkatkan Daya Ingat – Otak memiliki fungsi yang sangat penting di dalam hidup kita, segala gerak dan aktivitas berawal dari pengiriman sinyal yang dilakukan otak pada organ tubuh. Selain itu, fungsi lain dari otak adalah kemampuannya mengingat. Daya ingat setiap orang memang berbeda-beda, daya ingat tidak dipengaruhi oleh tinggi dan rendahnya pendidikan orang tersebut, namun kepada kebiasaan serta asupan nutrisi di dalam tubuh. Orang yang memiliki kebiasaan hidup tidak sehat serta kerap mengonsumsi makanan-makanan yang minim kandungan nutrisi lebih cenderung mudah mengalami lupa dibanding mereka yang memiliki gaya hidup lebih sehat.

Namun, tingkat kekuatan daya ingat bukan hanya disebabkan oleh nutrisi saja, akibat psikologis juga mempengaruhi daya ingat. Ada orang yang bisa dengan mudah mengingat hal-hal yang baru saja iya alami dan bahkan mengingat kejadian di masa lalu. Namun ada juga yang memiliki daya ingat cenderung lemah, sehingga jangankan untuk mengingat kejadian yang telah terjadi lama, kejadian atau hal-hal yang baru saja ia lakukan juga tidak dapat mengingatnya. Hal itu memang sering terjadi. Dan perlu anda ketahui, bahwa menurunnya daya ingat sebaiknya segera dilakukan penanganan agar tidak menjadi lebih parah dan bahkan dapat mengalami kepikunan.

Ada beberapa penyebab lemahnya daya ingat seseorang seperti faktor genetik, insomnia, depresi, diabetes, tiroid, obat-obatan dan lain sebagainya. Penyebab-penyebab menurunnya daya ingat tersebut ada penyebab yang sering terjadi dan dialami oleh banyak orang. Penurunan daya ingat tak hanya dialami oleh mereka yang berusia lanjut saja, daya ingat dapat menurun kepada siapa saja tanpa mengenal usia tergantung dari penyebab-penyebab yang mengakibatkan daya ingat menjadi lemah. Nah, bagi anda yang kerap merasa lupa dan mengalami penurunan daya ingat, berikut berhasil kami rangkum beberapa cara mudah untuk meningkatkan daya ingat yang bisa anda lakukan sendiri.

  1. Rutin Membaca
    Mereka yang terkena penyakit kepikunan di usia tua kebanyakan tidak membiasakan diri untuk membaca buku atau berita, koran setiap harinya. karena faktanya orang yang selalu menyempatkan waktu rutin membaca setiap hari cenderung menurunkan risiko penurunan daya ingat hingga 50%, sementara mereka yang tidak lebih cenderung mudah dan cepat mengalami kepikunan. Jadi cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mempertajam daya ingat adalah dengan rutin membaca setiap hari.



    Baca Juga Artikel Bermanfaaat Berikut:

  2. Tidur yang Cukup Setiap Hari
    Waktu tidur yang kita butuhkan setiap hari setidaknya 6 hingga 8 jam per hari terutama pada malam hari. Namun tak semua orang yang bisa melengkapi kebutuhan tidur sebanyak itu setiap hari. Baik karena rutinitas, kebiasaan atau lainnya yang membuat mereka kerap mengalami kekurangan tidur. Padahal, waktu tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan. Salah satu fungsi tidur adalah memberikan waktu istirahat pada tubuh. Selain itu, ketika tidur tubuh akan memproduksi hormon yang berfungsi melakukan regenerasi sel-sel di dalam tubuh termasuk otak. Sehingga orang yang memiliki kualitas tidur baik setiap hari lebih cenderung punya daya ingat yang tajam dibanding mereka yang tidak.

  3. Rajin Olahraga
    Tak hanya untuk meningkatkan daya ingat saja, olahraga memang dianjurkan untuk dilakukan secara rutin agar menyehatkan tubuh. Dengan olahraga teratur tubuh akan terhindar dari beragam masalah kesehatan serta dapat meningkatkan struktur volume otak sehingga daya penyimpanan dan ingatan akan semakin meningkat. Untuk jenis olahraga yang dapat meningkatkan daya ingat adalah senam, aerobik, jogging, berenang dan beberapa olahraga lainnya.

  4. Konsumsi Makanan Sehat Kaya Nutrisi
    Selain tiga hal di atas, untuk menjaga kualitas daya ingat kita juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Sehingga jika sebelumnya anda terbiasa menjalani pola konsumsi tidak sehat, sebaiknya ganti menjadi pola konsumsi yang sehat. Selain dapat menyehatkan tubuh, makanan kaya nutrisi dan vitamin di dalamnya juga dapat melengkapi kebutuhan vitamin pada otak sehingga mampu meningkatkan daya ingat. Adapun jenis makanan sehat kaya vitamin yang bisa anda konsumsi seperti sayuran, jus buah-buahan, kacang-kacangan, ikan salmon, sarden serta minyak zaitun dan minyak nabati lainnya.

Selain itu, untuk meningkatkan daya ingat anda juga harus melakukan beberapa hal lain seperti memperbaiki hubungan sosial dengan keluarga. Karena pada dasarnya sosial kepada keluarga termasuk hal penting untuk menghindarkan depresi dan lainnya. Selain itu, eratnya hubungan dengan keluarga juga dapat membuat otak memiliki daya ingat yang kuat dan tajam. Rasa jenuh dengan aktivitas yang dilakukan setiap hari juga bisa memicu penurunan daya ingat. Untuk mengatasi masalah ini anda hanya perlu melakukan kebiasaan-kebiasaan baru dengan yang memicu hilangnya rasa jenius sehingga meningkatkan daya ingat.

Hal yang paling penting agar terhindar dari masalah penurunan daya ingat adalah tetap menjaga pikiran agar tetap tenang dan terus mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi dan vitamin.