Inilah Kebiasaan yang Dapat merusak Pencernaan

Posted on

Inilah Kebiasaan yang Dapat merusak Pencernaan – Masalah gangguan pencernaan adalah gangguan yang terjadi akibat kesalahan konsumsi serta kebiasaan sehari-hari yang anda lakukan. Sakit perut, sembelit, kembung dan naiknya asam lambung merupakan gangguan pencernaan yang sering terjadi. Gangguan-gangguan tersebut dapat menjadi pemicu masalah kesehatan lain di dalam tubuh jika terus dibiarkan. Perubahan pola konsumsi serta menjalankan pola hidup sehat adalah salah satu cara menghindari terjadinya masalah pada sistem pencernaan. Selain dapat mengganggu kesehatan tubuh, gangguan sistem pencernaan pun akan menghambat kelancaran aktivitas kita sehari-hari. Jadi sebaiknya perhatikan dan terus jaga jenis dan macam makanan yang anda konsumsi serta tetap memerhatikan cara mengonsumsi makanan yang baik dan benar.

Sistem pencernaan memang menjadi organ tubuh yang sering mengalami gangguan, pasalnya semua yang kita konsumsi pertama kali akan tertumpuk pada sistem pencernaan baru kemudian akan diproses dan disalurkan semua nutrisi dan kandungan di dalam makanan tersebut ke seluruh organ tubuh lainnya. Jadi tak heran, jika masalah gangguan pencernaan sering mengintai kita terutama bagi anda yang tak memperdulikan cara dan jenis makanan yang anda konsumsi.
Meskipun hanyalah sebatas gangguan pencernaan yang biasa berupa sakit perut dan beberapa gejala yang sudah kita sebutkan di awal, namun akibat adanya masalah pada sistem pencernaan juga dapat memperlambat metabolisme karena kinerja pencernaan saat memproses makanan semakin melambat dan mengalami masalah. Akibatnya organ yang membutuhkan nutrisi dan gizi dari makanan yang kita konsumsi akan mengalami penurunan kinerja. Ada beberapa kebiasaan yang tanpa sadar kerap kita lakukan setiap hari, dan ternyata kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat mengganggu sistem pencernaan dan mengakibatkan kerusakan pada pencernaan. Dan berikut kebiasaan yang dapat merusak dan mengganggu sistem pencernaan dalam tubuh.

  1. Mengonsumsi Makanan Tengah Malam
    Pada malam hari, sejatinya menjadi waktu untuk tubuh beristirahat. Pasalnya pada waktu itu sistem pencernaan akan menuntaskan proses mencerna makanan yang ada di dalam perut. Nah, pada saat anda mengonsumsi makanan di tengah malam, maka hal itu akan membuat sistem pencernaan harus bekerja keras untuk terus mencerna makanan. Apalagi jika makanan yang anda konsumsi termasuk jenis makanan yang berlemak dan berminyak. Akibatnya proses tersebut, kadar asam lambung dapat naik hingga ke tenggorokan dan menyebabkan rasa nyeri, mules dan bahkan muntah. Jadi sebaiknya hindari mengonsumsi makanan di tengah malam terutama jenis makanan berat dan sulit di cerna oleh sistem pencernaan anda.
  2. Kekurangan Konsumsi Serat
    Salah satu masalah terjadinya gangguan pada sistem pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar adalah akibat tubuh kekurangan serat. Serat dalam makanan yang kita konsumsi akan sangat berguna untuk melancarkan pencernaan. Orang yang kemungkinan besar mengalami masalah ini adalah mereka yang kurang mengonsumsi sayuran dan buah setiap harinya, pasalnya kedua jenis makanan tersebut adalah makanan yang kaya serat yang sebaiknya anda konsumsi setiap hari agar melancarkan sistem pencernaan dan terhindar dari gangguan sembelit.



    Baca Juga Artikel Bermanfaaat Berikut:

  3. Konsumsi Makanan Berlebihan
    Pada saat kita merasa kelaparan, maka tak heran jika porsi makan kita akan bertambah. Jika biasanya kita makan hanya satu piring saja, namun akibat terlalu lapar maka kita akan mengonsumsi makanan dalam porsi yang banyak dan membuat perut terasa kenyang dan penuh. Mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebihan akan membuat sistem pencernaan mengalami kesulitan saat mencerna makanan tersebut, pasalnya penumpukan makanan dalam jumlah berat dapat meningkatkan kadar asam lambung serta membuat perut terasa bega akibat terlalu penuh. Jadi meskipun kita dalam kondisi yang sangat lapar, sebaiknya konsumsi makanan secukupnya. Dan lebih baik mengonsumsi sedikit makanan tapi sering ketimbang mengonsumsi makanan sekaligus dalam jumlah yang banyak.
  4. Mengonsumsi Minuman Bersoda
    Minuman bersoda memang membuat sensasi segar setelah mengonsumsinya, apalagi jika diminum dalam keadaan dingin. Namun dalam minuman bersoda tersebut tak hanya kandungan soda saja yang akan membuat perut kembung, namun kandungan pemanis buatan di dalamnya juga akan memperburuk sistem pencernaan. Gas yang masuk kedalam perut akan tertumpuk dan mengakibatkan perut terasa sakit dan mules. Dan bahkan kadar gas yang terlalu banyak dapat mengakibatkan gangguan masalah pencernaan serius. Jadi sebaiknya tetap konsumsi air mineral biasa, selain menyehatkan tubuh, air mineral juga melancarkan sistem pencernaan.

Selain 4 jenis makanan dan minuman di atas, kebiasaan lain seperti rokok, minuman kemasan, alkohol juga dapat mengakibatkan masalah pada pencernaan. Gangguan pencernaan terjadi utamanya karena jenis makanan yang kita konsumsi, kandungan-kandungan di dalam makanan tersebutlah yang menjadi penyebab rusaknya sistem pencernaan.

Jadi sebaiknya, jika anda ingin memiliki tubuh yang sehat. Maka hal utama yang harus anda jaga adalah sistem pencernaan, karena dari sana semua nutrisi dan gizi berasa. Semakin sehat sistem pencernaan, maka hal itu akan memperlancar metabolisme dan terhindar dari beragam masalah dan penyakit berbahaya lainnya.