Inilah Bahan Alami Untuk Mengatasi Kekentalan Darah

Posted on

Inilah Bahan Alami Untuk Mengatasi Kekentalan Darah – Darah adalah salah satu bagian penting dalam tubuh manusia, selain membawa oksigen ke seluruh sel, darah juga sebagai alat untuk menyalurkan semua nutrisi dan hormon ke seluruh jaringan sel dalam tubuh. Pada umumnya darah manusia memiliki tekstur yang encer sehingga saat bekerja mengalirkan dan membawa oksigen ke dalam tubuh lebih mudah karena dapat mengalir dengan lancar. Namun tingkat kekentalan darah dalam tubuh setiap orang berbeda-beda, semakin kental darah akan semakin besar risikonya terhadap kesehatan tubuh. Darah yang terlalu kental akan mempersulit kinerja darah mengirim oksigen dan zat lain ke semua bagian tubuh termasuk proses pemompaannya pada jantung akan mengalami masalah.

Darah itu sendiri biasanya memang memiliki sifat yang mampu mengentalkan sel darah ketika ada bagian tubuh yang mengalami masalah, misalnya ketika terjadi luka di bagian tubuh, maka secara otomatis darah akan mengental untuk menghentikan pendarahan pada area luka tersebut. Dan akan kembali normal ketika gangguan dan masalah yang terjadi sudah teratasi. Namun ada kalanya kadar kekentalan darah menjadi tidak wajar, bukan karena adanya luka namun lebih kepada adanya kelainan pada organ tubuh yang membuat darah mengental dalam waktu lama.

Ketika kadar darah terlalu kental, itu artinya data alir darah akan mengalami hambatan, pasalnya darah kental akan menjadi gumpalan yang menghambatnya memproses pengiriman oksigen dan nutrisi ke organ-organ dalam tubuh. Ketika darah dalam kondisi ini, tentu hal itu sangat membahayakan tubuh, gangguan awal yang akan terjadi akibat kekentalan darah di atas normal adalah gangguan fungsi jantung dan dapat mengakibatkan gagal jantung. Hal karena pada saat darah dalam keadaan kental, maka jantung tidak dapat memompa darah dengan maksimal guna memperlancar sirkulasi sel dalam tubuh. Biasa dikatakan, kekentalan darah dapat mengakibatkan kematian. Banyak faktor yang menyebabkan darah memiliki kekentalan yang tinggi, selain akibat kadar lipid yang terlalu tinggi, akibat mengonsumsi obat-obatan tertentu, serta pada saat adanya penyakit dalam tubuh seperti penyakit diabetes dan kanker. Pada kondisi tersebut maka kadar kekentalan darah lebih tinggi dan dapat memicu masalah dan gangguan serius pada tubuh.

Faktor genetik, dan gaya hidup tidak sehat juga dapat membuat darah menjadi lebih kental. Kelainan darah tersebut sejatinya bisa kita atasi dengan mudah dan tepat. Pasalnya tidak semua orang mengetahui kadar kekentalan darah di dalam tubuhnya, jadi rajinlah melakukan checkup untuk mengetahui tingkat kekentalan darah dalam tubuh anda. Dan berikut beberapa bahan alami yang dapat mengatasi masalah kekentalan darah dalam tubuh.

  1. Bawang Putih
    Sudah sejak zaman dulu bawang putih menjadi rempah yang memiliki kandungan luar biasa untuk masalah kesehatan. kandungan allicin di dalamnya mampu menormalkan kekentalan dalam tubuh, sehingga proses pengiriman nutrisi dan oksigen dapat terjadi dengan normal dan terhindar dari risiko penyakit mematikan. Selain itu, bawah putih juga mampu menurunkan tekanan darah serta mengatasi beragam masalah kesehatan baik di dalam tubuh maupun di luar tubuh. Jadi jangan sungkan untuk mengonsumsi bawang putih setiap hari, pasalnya di dalam rempah ini terkandung zat alami yang mampu menyehatkan tubuh kita.



    Baca Juga Artikel Bermanfaaat Berikut:

  2. Kayu Manis
    Selain bawang putih, rempah lain yang juga dapat mengatasi masalah kekentalan darah adalah kayu manis, kandungan coumarin yang merupakan zat antikoagulan dapat mencegah kekentalan darah dalam tubuh. Dan ternyata kayu manis memiliki efek pengencer darah lebih kuat dibanding dengan jenis bahan lain, sehingga sebelum anda benar-benar mengonsumsi kayu manis untuk mengencerkan darah, sebaiknya periksa terlebih dahulu kadar kekentalan darah anda. Pasalnya kadar darah yang terlalu encer juga dapat membahayakan kesehatan. Selain itu, kayu manis juga mampu menurunkan tekanan darah serta mampu mengatasi peradangan pada sendi.

  3. Kunyit
    Kemudian jenis bahan alami lainnya yang mampu mengatasi masalah kekentalan darah adalah kunyit, rempah ini memiliki kandungan kurkumin di dalamnya yang memiliki sifat pengencer darah. Kunyit akan menghambat trombosit tergabung menjadi satu, pasalnya trombosit adalah biang terjadinya pembekuan pada darah.

  4. Cabai Rawit
    Siapa yang sangka, bumbu masakan yang satu ini ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk tubuh, terutama dalam mengatasi masalah kekentalan darah dalam tubuh. Cabai rawit yang memiliki rasa pedas juga terkandung salisilat di dalamnya, zat ini mampu menghambat pengumpulan trombosit sehingga proses pembekuan darah tidak akan terjadi dengan zat yang terkandung di dalam cabai rawit ini.

  5. Jahe
    Rempah atau bahan alami terakhir yang mampu mengatasi masalah kekentalan darah dalam tubuh, kandungan serupa seperti cabai rawit yakni salisilat di dalamnya mampu menghambat pengumpulan trombosit dan terhindar dari masalah pembekuan darah. Asam salisilat memang mampu mencegah kadar vitamin K tinggi dalam tubuh, vitamin tersebut mampu menjadikan kadar darah menjadi lebih kental. Selain jahe, ada beberapa jenis makanan dan bahan alami lain yang memiliki kandungan serupa yakni buah beri, ceri dan advokad. Kandungan salisilat di dalam buah tersebut dapat mengatasi masalah kekentalan darah dalam tubuh.

Seperti yang kita jelaskan di atas, bahwa kadar darah yang terlalu kental sangat membahayakan kesehatan, selain menghambat oksigen, kekentalan darah tersebut juga dapat menjadi penyebab serangan jantung akibat jantung tidak dapat memompa darah secara maksimal. Jadi agar terhindar dari masalah dan penyakit akibat kekentalan darah yang tinggi, sebaiknya lakukan pemeriksaan mengenai kadar kekentalan darah dalam tubuh, sehingga anda bisa mengatasi masalah tersebut dan terhindar dari berbagai masalah kesehatan.