Penyebab Nafsu Makan Turun yang Harus Anda Ketahui

Posted on

Penyebab Nafsu Makan Turun yang Harus Anda Ketahui – Masalah menurunnya nafsu makan terkadang kerap kali kita alami, bahkan tidak mau makan sama sekali. Biasanya kondisi seperti ini akibat adanya gangguan atau penyakit di dalam tubuh. Padahal tubuh setiap hari membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin dari makanan yang kita konsumsi setiap hari, dan ketika tiba-tiba nafsu makan menurun maka akibatnya tubuh bisa kekurangan vitamin dan nutrisi harian yang dibutuhkannya. Kondisi menurunnya nafsu makan yang tergolong normal biasanya hanya sekadar berlangsung satu atu dua hari saja, namun ketika nafsu makan anda hilang selama beberapa hari, maka biasa saja anda sedang menderita penyakit tertentu.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya segera lakukan pemeriksaan mengenai masalah penurunan nafsu makan yang sedang anda alami. Penurunan nafsu makan biasanya identik terjadi pada anak-anak, namun nyatanya hilangnya nafsu makan juga kerap dialami oleh orang dewasa. Jika anda terus membiarkan secara berlarut-larut, selain tubuh akan menjadi lemas akibat kekurangan vitamin, penyakit pun akan datang menghampiri anda. Selain karena penyakit atau gejala penyakit, penurunan juga biasanya dialami oleh mereka yang menjalankan program diet ketat, dimana ketika anda mengonsumsi obat atau semacam ramuan untuk diet, biasa jadi efek yang ditimbulkannya adalah hilangnya nafsu makan.

Jika anda ingin tetap diet sebaiknya hindari mengikuti program diet dengan mengonsumsi obat-obatan atau semacamnya, lakukan diet dengan cara sehat dan alami. Pasalnya efek hilangnya nafsu makan akibat program diet yang anda jalani dapat berdampak buruk bagi tubuh dan kesehatan anda. Selain itu ada juga beberapa penyebab lain yang mengakibatkan nafsu makan anda penurun. Dan berikut penyebabnya.

  1. Akibat Stres
    Ketika anda mengalami stres akibat beragam masalah yang menimpa dalam kehidupan anda, maka salah satu dampak dari stres tersebut adalah hilangnya nafsu makan. Tak hanya dapat mengakibatkan hilangnya nafsu makan saja, stres yang terus berlarut bisa mengakibatkan depresi dan mengalami gangguan mental. Orang yang stres baisanya lebih memilih mengurung diri dan terkesan tidak memiliki semangat, tubuh seakan tidak dapat melakukan segala aktivitas. Selain itu, orang yang stres juga tidak akan memiliki nafsu untuk makan. Mereka lebih memilih untuk sendiri dan merenung dengan semua yang sedang ia alami.



    Baca Juga Artikel Bermanfaaat Berikut:

  2. Akibat Penyakit
    Selain akibat stres, penurunan nafsu makanan bisa juga di sebabkan oleh adanya penyakit di dalam tubuh kita. Ketika tubuh mengalami penyakit seperti gangguan pencernaan, radang usus, diabetes serta beberapa penyakit lainnya maka anda akan merasa tidak nafsu untuk makan. Selain itu, ketika anda sedang menjalani perawatan akibat suatu penyakit juga dapat menjadi penyebabnya, hal itu dikarenakan obat-obat yang anda konsumsi terkadang mengandung zat yang dapat membuat anda kehilangan nafsu makan.
  3. Akibat Merokok da Alkohol
    Kandungan yang terdapat di dalam rokok tak hanya dapat merusak organ tubuh anda, kebiasaan merokok juga dapat menurunkan nafsu makan. Selain rokok, kebiasaan mengonsumsi alkohol juga bisa menjadi pemicunya. Jadi jika anda salah satu penggemar ke dua jenis barang ini, maka jangan heran jika nafsu makanan anda menurun, semakin sering anda merokok dan mengonsumsi alkohol maka bisa dipastikan berat badan anda pun akan mengalami penurunan akibat kurangnya asupan makanan yang anda konsumsi.
  4. Faktor Usia
    Orang yang sudah lanjut usia biasanya tidak begitu tertarik untuk mengonsumsi makanan yang berlebihan, menurunnya fungsi indra di dalam tubuhnya memicu orang tersebut semakin enggan makan. Jadi jangan heran, ketika anda melihat orang yang kehilangan nafsu makan dan enggan ketika anda ajak makan.
  5. Akibat Rasa Bosan
    Selain 4 penyebab di atas, ketika anda merasa bosan dengan menu makanan yang anda konsumsi maka nafsu makan anda pun akan menjadi menurun. Hilangnya selera mengonsumsi makanan akibat bosan sejatinya mudah sekali untuk diatasi, anda hanya perlu mengonsumsi makanan apa yang kira-kira ingin anda konsumsi, atau cobalah untuk mengonsumsi makanan-makanan baru yang belum pernah anda konsumsi sebelumnya.

Meskipun enggan rasanya untuk mengonsumsi makanan ketika nafsu makan hilang, sebaiknya anda harus tetap mengetahui bahwa tubuh anda membutuhkan asupan nutrisi dan vitamin. Sehingga meskipun terkadang anda tidak merasa lapar, namun ketika waktunya untuk makanan maka sebaiknya lakukan. Pasalnya tubuh yang kekurangan asupan makanan setiap hari akan memicu timbulnya beragam penyakit di dalam tubuh. Salah satunya adalah gangguan pencernaan seperti maag, asam lambung dan lain sebagainya.

Ketika anda tiba-tiba merasa kehilangan nafsu makan, maka coba perhatikan apakah ke lima penyebab di atas sedang anda alami. Jika salah satu penyebab penyebab di atas sedang terjadi pada anda, maka jangan heran jika nafsu makan anda hilang. Namun sebaiknya tetaplah penuhi kebutuhan asupan tubuh dengan mengonsumsi makanan setiap harinya.