5 Penyakit Berbahaya yang Akan Diderita Perokok

Posted on

5 Penyakit Berbahaya yang Akan Diderita Perokok – Merokok menjadi kebiasaan yang sangat sulit untuk dihentikan, jumlah perokok aktif di indonesia merupakan salah satu yang tertinggi di dunia. Hampir lebih dari 55 juta penduduk indonesia merupakan perokok, baik anak-anak, dewasa, pria dan wanita. Kebiasaan merokok mereka dimulai sejak masih usia pelajar, dimana untuk mendapatkan rokok di indonesia ini terbilang mudah dan murah, sehingga tak heran jumlah para perokok akan terus meningkat tiap tahunnya. Meskipun sempat beredar mengenai kenaikan harga rokok yang ditetapkan oleh pemerintah guna mengurangi jumlah perokok, namun hal itu sepertinya urung di berlakukan. Padahal di negara-negara lain banderol harga rokok jauh lebih mahal di banding dengan harga rokok di indonesia. Dan cara itu berhasil menurunkan jumlah para perokok.

Rokok memiliki kandungan nikotin serta zat adiktif yang membuat penghisapnya akan terus ketergantungan, selain itu di dalam asap rokok juga menyimpan beragam racun yang dapat merusak organ di dalam tubuh dan bahkan dapat mematikan. Meskipun sudah banyak peringatan mengenai bahaya rokok bagi kesehatan, namun tetap saja cara belum efektif untuk menurunkan jumlah para perokok. Pasalnya efek candu yang disebabkan oleh rokok membuat para perokok sulit sekali meninggalkan kebiasaan tersebut. Hanya beberapa orang saja yang berhasil berhenti merokok setelah sekian lama menjadi pecandu rokok, butuh kerja keras untuk menghentikan kebiasaan buruk tersebut, pasalnya kebanyakan para perokok memulai merokok sudah sejak mereka berusia remaja, sehingga kebiasaan merokok yang menahun tersebut seperti menjadi rutinitas yang sangat berat untuk ditinggalkan.

Dan merurut data dari WHO, sebanyak lebih dari 4 juta orang meninggal dunia setiap tahunya akibat dari penyakit yang disebabkan oleh rokok. Tak hanya satu atau dua macam penyakit saja risiko penyakit yang akan di derita oleh para perokok, beragam penyakit berbahaya dan mematikan siap mengancam tubuh para perokok. Dan berikut berhasil kami rangkum beberapa penyakit berbahaya akibat kebiasaan merokok.

  1. Kanker Paru
    Sebanyak 87 persen kamatian akibat penyakit kanker paru selalu disebabkan oleh rokok. Kebiasaan menghisap rokok dalam waktu lama memang dapat mengakibatkan kerusakan pada dinding paru dan dapat menyebabkan kanker paru. Kandungan zat kimia beracun yang masuk ke dalam paru tersebut memicu pertumbuhan sel abnormal yang terus berkembang dan mematikan fungsi sel dan organ vital di dalam tubuh. Selain paru-paru, akibat zat beracun yang ada di dalam asap rokok juga memicu timbulnya penyakit mematikan lain di dalam tubuh. Tidak ada manfaat yang bisa anda ambil dari asap rokok selain hanya menyebabkan rasa candu dan beragam gangguan kesehatan.



    Baca Juga Artikel Bermanfaaat Berikut:

  2. Penyakit Jantung
    Asap rokok yang terus masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan penebalan pembuluh darah arteri sehingga pembuluh darah menyempit dan mengakibatkan suplai oksigen dan darah semakin sedikit. Terhambatnya oksigen dan darah pada jantung tentu akan mengakibatkan penyakit jantung dan dapat mematikan. Penyakit jantung akibat asap rokok juga bisa terjadi pada mereka yang tak merokok atau perokok pasif, pasalnya asap rokok yang dikeluarkan para perokok juga sangat berbahaya dan mengakibatkan penyakit jantung jika terhirup. Jadi sebaiknya agar terhindar dari penyakit mematikan ini, hindari merokok dan jauhi asap rokok.
  3. Penyakit Stroke
    Akibat terhambatnya oksigen dan darah ke jantung tentu membuat jantung tidak dapat mengaliri kebutuhan darah dan oksigen ke seluruh organ lainnya seperti otak. Otak yang kekurangan suplai oksigen dan darah dapat membuat otak mengalami kerusakan dan stroke. Akibat kurangnya oksigen yang masuk ke dalam otak juga dapat menyebabkan pembuluh darah di area otak pecah dan dapat mengakibatkan kematian. Bukan satu atau dua kali kasus kematian akibat strok yang dihubungkan kebiasaan merokok, zat berbahaya dan beracun di dalam rokok benar-benar membawa petaka di dalam tubuh kita.
  4. Asma dan TBC
    Tak hanya akibat faktor genetik, asma atau gangguan pernapasan juga bisa di sebabkan oleh asap rokok. Mereka yang terbiasa menghisap rokok dalam waktu lama dapat merusak sistem pernapasan terutama paru-paru, sehingga asap rokok tersebut akan mempersempit rongga paru dan mengakibatkan sesak dan asma. Dan selain itu, racun yang ada di dalam asap rokok juga dapat mengakibatkan penghisapnya mengalami TBC kronis, dimana gangguan pernapasan akibat asap rokok ini dapat merengut nyawa anda.
  5. Kanker Mulut
    Nikotin dan kandungan zat berbahaya seperti karsinogen di dalam asap rokok memang menjadi salah satu zat yang dapat mengakibatkan adanya pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh. Selain paru, kanker akibat rokok juga bisa terjadi di area mulut dan tenggorokan. Sudah banyak para perokok yang kehilangan pita suaranya akibat kanker tenggorokan yang dialaminya. kanker mulut yang sering terjadi hampir keseluruhannya di sebabkan oleh rokok, asap rokok akan menghambat aliran darah dan nutrisi serta mampu mengiritasi bibir dan mulut hingga tenggorokan. Nah, jika anda adalah seorang perokok maka jangan heran jika suatu saat anda akan mengalami masalah pada mulut dan tenggorokan anda.

Tak cukup hanya lima penyakit di atas saja yang akan dialami oleh para perokok, masih banyak macam dan jenis penyakit mematikan lainnya yang siap mengancam pada perokok. Beberapa penyakit lainnya seperti kanker hati, kanker darah, kanker serviks, kanker payudara serta masih banyak penyakit berbahaya lain yang disebabkan oleh asap rokok. Jadi sebaiknya jika anda ingin terhindar dari beragam sakit berbahaya, jauhi rokok dan berhentilah merokok mulai sekarang serta sayangi tubuh dan orang di sekitar anda.