Tingkatkan Kosakata Si Kecil Dengan 6 Aktifitas Ini

Posted on

Tingkatkan Kosakata Si Kecil Dengan 6 Aktifitas Ini – Saat usia si buah hati masih bayi mungkin Anda belum mengerti apa yang ingin di sampaikan si kecil karena belum dapat berbicara. Namun saat si kecil beranjak besar dan mulai belajar bicara walaupun belum jelas maka Anda sering kali faham dan mengerti kata apa yang di maksudkan si kecil. Nah, apabila Anda mendapati si kecil tengah belajar bicara dan mulai berceloteh, maka Anda dapat menstimulasi kemampuan bicara si kecil dengan meningkatkan atau menambahkan kosakata agar dapat di ketahui si kecil. Lalu bagaimana caranya? Nah, untuk itu sebaiknya para orang tua melakukan 6 aktifitas berikut yang dapat Meningkatkan Atau Menambahkan Kosakata Si Kecil. Simak selengkapnya di bawah ini :

  1. Percakapan
    Saat si kecil telah beraktifitas bersama dengan teman sebanyanya atau orang lain, maka cobalah untuk melakukan percakapan dengannya. Contohnya dengan memberikan pertanyaan yang mana dapat membuat ia menjelaskan apa saja yang ia lakukan bersama temannya. Setelah Anda mengajukan pertanyaan maka si kecil akan berusaha menjawab dengan antusias apa saja yang telah di kerjakannya. Walaupun dalam penjelasannya mungkin akan kurang di mengerti, namun sebagai orang tua Anda di tuntut untuk membimbing ia bicara dan menyelipi beberapa kosakata baru di sela-sela percakapan



    Baca Juga Artikel Bermanfaaat Berikut:

  2. Membaca
    Sebisa mungkin ajak si kecil untuk terlibat dalam kegiatan membaca, walapun si kecil masih belum bisa membaca. Baca buku cerita yang mungkin terdapat gambar di dalamnya, setelah Anda membaca bersama cobalah untuk meminta si kecil menceritakan kembali apa yang tadi di baca bersama. Dengan metode ini diharapakan anak dapat mengembangkan kemampuan kosakatanya sehingga dapat menjadi referensi kata-kata yang bisa juga di kenakan saat ia berkatifitas sehari-hari
  3. Jangan Gunakan Bahasa Bayi
    Saat anak mulai dapat berbicara dan berceloteh maka jangan lagi gunakan bahasa bayi yang di buat cadel. Sebaiknya ucapkan setiap kata dengan jelas dan benar, apabila si anak tidak mengerti maka Anda dapat memberikan penjelasan apa maksudnya
  4. Menggunakan Metode Nyanyian
    Dengan menggunakan kata-kata yang berirama dalam bentuk nyanyian maka akan membantu anak mengembangkan kosakata mereka. Hal ini dipercaya paling efektif, selain dapat menambahkan pembendaharaan kata si kecil juga akan membuat si kecil dapat berimajinasi dan meningkatkan kreasi anak.
  5. Kosakata Hari Ini
    Orang tua di harapkan dapat menambah kosakata si kecil setiap hari. Terapkan satu kata untuk satu hari dan dorong anak agar dapat menggunakan kata tersebut setiap hari dengan makna dan pengucapan yang jelas. Berikan kosakata baru setiap hari, apabila ia dapat melakukannya dengan baik maka Anda dapat memberikan hadiah atau sekedar makanan kecil agar ia bersemangat mempelajari kosakata baru lagi.
  6. Tunjukkan Dan Katakan
    Apabila sesekali Anda mengajak si kecil berjalan-jalan. Maka biarkan si kecil mengamati hal-hal baru disekitarnya. Apabila ia menemukan hal yang baru maka cobalah untuk memberikan penjelasan tentang apa yang ia temukan. Tunjukan, katakan dan jelaskan apa saja yang menjadi perhatian si kecil. Dengan metode ini tanpa di sadari akan lebih memberikan kosakata yang lebih banyak dan juga lebih efektif.

Nah, itulah 6 aktifitas yang bisa Anda lakukan agar dapat Meningkatkan Atau Menambahkan Kosakata Si Kecil yang mulai belajar bicara. Aktifitas mana pun yang Anda lakukan usahakan selalu berikan penjelasan sejelas mungkin. Semoga bermanfaat!