Makanan yang Dapat Menyebabkan Perut Kembung

Posted on

Makanan yang Dapat Menyebabkan Perut Kembung – Masalah sistem pencernaan memang kerap terjadi, pasalnya sistem pencernaan adalah tempat berkumpulnya semua makanan dan minuman yang kita konsumsi sebelum akhirnya dicerna dan nutrisi dan vitamin pada makanan tersebut akan disalurkan ke seluruh organ di dalam tubuh. Sehingga tak heran jika, gangguan masalah pencernaan menjadi salah satu penyakit yang kerap kita alami. Mula dari pola konsumsi yang salah hingga cara mengonsumsi makanan yang salah menjadi faktor penyebabnya. Salah satu masalah sistem pencernaan adalah perut kembung, dimana terdapat banyak gas pada lambung yang membuat perut terasa tidak nyaman. Selain itu perut kembung juga memicu naiknya asam lambung jika tidak segera di atasi.

Penyebab perut kembung adalah akibat jenis makanan yang kota konsumsi banyak mengandung zat yang dapat memproduksi gas berlebih pada lambung. Sehingga mengonsumsi makanan-makanan tersebut akan membuat kadar gad di dalam lambung menjadi menumpuk dan perut terasa sangat tidak nyaman. Dan bahkan pada kondisi perut kembung, tak jarang disertai dengan rasa bega, mules, mual dan bahkan muntah. Ada beragam jenis makanan yang dapat menyebabkan perut kembung jika dikonsumsi dalam jumlah yang tak terkontrol serta pada waktu yang tidak tepat. meskipun bukan merupakan gangguan pencernaan yang berbahaya, namun perut kembung juga dapat memicu terjadinya penyakit lain pada lambung yang dapat mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Menghindari makanan-makanan penyebab perut kembung memang bisa kita lakukan, namun tidak semua orang mengetahui jenis makanan apa saja yang sejatinya dapat mengakibatkan perut kembung. Apalagi saat sekarang ini, segala jenis makanan cepat saji dan instan menjadi salah satu makanan yang digemari, selain menawarkan rasa yang enak, makanan cepat saji juga lebih praktis untuk mengolahnya. Dan berikut makanan-makanan yang dapat menyebabkan perut kembung.

  1. Minuman Bersoda
    Sebagian orang mungkin pernah mencoba mengusir rasa kembung dengan mengonsumsi minuman bersoda, hal itu bertujuan kandungan gas di dalamnya mampu memancing gas di dalam perut ikut keluar. Namun ternyata mengonsumsi minuman bersoda dalam jumlah banyak terkadang maah justru membuat kandungan gas pada minuman ini ikut terjebak di dalam pencernaan dan sulit keluar. Dan akibatnya penumpukan gas pada lambung tersebut akan membuat perut terasa kembung dan tidak nyaman. Jadi sebaiknya hindari mengonsumsi minuman bersoda dalam jumlah yang banyak, selain dapat mengakibatkan perut kembung, minuman bersoda juga sangat tidak baik bagi kesehatan, salah satunya karena kandungan pemanis buatan di dalamnya dapat memicu naiknya kadar gula darah dalam tubuh.



    Baca Juga Artikel Bermanfaaat Berikut:

  2. Produk Olahan Susu
    Susu memang mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh, kandungan protein, kalsium dan nutrisi lain di dalamnya dapat menyehatkan tubuh. Namun sebagian orang ada yang memang tidak dianjurkan mengonsumsi minuman ini, hal itu karena kandungan laktosa di dalam produk susu tersebut dapat mengganggu sistem pencernaan. Laktosa yang merupakan kadar gula dalam susu dapat memicu perut kembung, bergas serta dapat memicu rasa mules bahkan mengalami diare. Namun bagi orang yang tidak mengalami masalah dengan laktosa anda tetap bisa mengonsumsi susu karena kandungannya sangat baik untuk tubuh. Dan bagi anda yang bermasalah dengan laktosa maka anda bisa mengganti susu dengan produk susu yang tidak terlalu banyak mengandung laktosa di dalamnya seperti susu kedelai, yogurt dan lain sebagainya.
  3. Makanan Cepat Saji
    Tidak bisa kita pungkiri, bahwa makanan cepat saji memang menawarkan rasa yang enak dan proses pengolahan yang cepat. Namun ternyata, di dalam makanan-makanan cepat saji tersebut mengandung kadar lemak tingi yang tidak sama dengan lemak pada makanan biasa. Lemak tersebut membuat sistem pencernaan membutuhkan proses pencernaan yang cukup lama, sehingga pengendapan asam lemak jenuh pada makanan cepat saji itu dapat memicu perut kembung serta gangguan pada sistem pencernaan. Jadi sebaiknya, agar sistem pencernaan tetap sehat, hindari mengonsumsi makanan cepat saji terutama yang diproses dengan cara menggorengnya.
  4. Makanan dengan Pemanis Buatan
    Makanan yang rendah gula memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi agar dapat menormalkan kadar gula dalam darah, namun tak jarang makanan rendah gula tersebut ternyata menggunakan pemanis buatan. Makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan akan memicu perut kembung dan mengalami masalah gangguan pencernaan jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Jadi sebaiknya hindari makanan-makanan dengan pemanis buatan dan tetap konsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan yang kaya kandungan nutrisi dan serat di dalamnya. Sehingga makanan tersebut akan menyehatkan tubuh serta melancarkan sistem pencernaan.
  5. Sayuran yang Mengandung Gas
    Ternyata tak semua jenis sayuran bisa kita konsumsi dan terhindar dari masalah pencernaan. Namun ada beberapa sayuran seperti brokoli, kubis, bunga kol serta kecambah yang mengandung fodmap yang mampu memproduksi gas di dalam lambung. Meskipun sayuran tersebut kaya vitamin C, zat besi dan nutrisi lainnya, namun mengonsumsi sayuran-sayuran tersebut dapat memicu masalah perut kembung akibat gad yang dihasilkan dari kandungan di dalamnya. Meskipun demikian anda masih tetap terus mengonsumsi sayuran ini, namun dengan takaran dan jumlah yang tidak berlebih.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini mengenai Makanan yang Dapat Menyebabkan Perut Kembung. Dan pada saat anda mengalami masalah pada pencernaan maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan guna mengatasi dan menyembuhkan gangguan pencernaan anda tersebut. Karena dengan lancarnya sistem pencernaan, maka semua nutrisi dan vitamin yang terdapat pada makanan dan minuman kita konsumsi bisa tersalurkan dengan sempurna ke seluruh organ tubuh lainnya. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita, khususnya bagi anda yang gemar menkonsumsi banyak makanan. Salam sehat selalu!