Inilah Gejala Jika Tubuh Kelebihan Sel Darah Putih

Posted on

Inilah Gejala Jika Tubuh Kelebihan Sel Darah Putih – Dalam tubuh manusia terdapat dua jenis sel darah, sel darah merah dan sel darah putih, keduanya sama-sama memiliki fungsi yang sangat vital terhadap tubuh. Sel darah putih atau yang disebut leukosit adalah sel yang membentuk komponen sel darah merah, selain itu keberadaan sel darah putih dalam tubuh juga memiliki fungsi lain yakni menjaga tingkat kekebalan tubuh agar terhindar dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit. Kadar sel darah putih setiap orang berbeda-beda, layaknya sel darah merah, sel darah putih juga dapat mengalami kenaikan dan juga penurunan. Dimana pada kondisi tidak normal tersebut juga dapat mengakibatkan adanya kelainan dan penyakit tertentu. Kadar sel darah putih normal adalah 4500-10000 sel/mm3, jadi apabila jumlah sel darah merah melebihi atau kurang pada angka tersebut maka bisa dikatakan itu tidak normal dan berbahaya terhadap tubuh.

Biasanya, kondisi meningkat atau menurunnya sel darah putih karena disebabkan adanya proses infeksi atau radang di dalam tubuh. Selain karena infeksi dan peradangan, kondisi ketidak normalan jumlah sel darah putih dalam tubuh juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang dikonsumsi, seperti misalnya aspirin, allopurinol, antibiotik dan lain sebagainya. Obat-obatan tersebut dapat memicu meningkatnya jumlah sel darah putih dalam tubuh. Banyak gejala penyakit yang akan timbul akibat tinggi atau berlebihnya sel darah putih. Jadi intinya tidak sertamerta kita hanya memerhatikan kadar sel darah merah saja, melainkan kadar sel darah putih dalam tubuh juga perlu diperhatikan jumlah dan kadarnya apakah dalam kondisi normal atau tidak normal.

Secara umum kelebihan sel darah putih tak hanya disebabkan oleh penyakit dari dalam tubuh saja, stress yang berlebihan, serta peradangan pada luka bakar juga dapat meningkatkan sel darah putih. Bagi anda yang belum mengetahui gejala seperti apa yang akan dialami tubuh ketika sel darah putih memiliki kadar yang berlebih, maka sebaiknya cari tahu apa saja gejala yang bisa ditimbulkan akibat berlebihnya sel darah putih tersebut. Dan berikut gejala yang akan terjadi pada tubuh jika sel darah putih berlebih:

  1. Mengalami Gangguan Pernapasan
    Orang yang menderita kelebihan sel darah putih, biasanya salah satu gejala yang akan timbul adalah mengalami kesulitan bernapas, hal itu disebabkan tinggi sel darah putih dalam tubuh membuat organ dan sel lain di dalamnya akan mengalami penurunan dan salah satunya gejala yang timbul adalah sesak napas. Ketika anda mengalami kondisi seperti ini, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter dengan segera, hal itu agar tingginya sel darah putih tidak memicu adanya masalah kesehatan yang lebih parah pada tubuh.



    Baca Juga Artikel Bermanfaaat Berikut:

  2. Gangguan Pada Kelenjar Limpa
    Kemudian gejala yang juga timbul akibat jumlah sel darah putih meningkat adalah terjadinya pembengkakan pada kelenjar limpa, dimana tingginya sel darah putih akan membuat sel di dalam tubuh tidak dapat berfungsi secara normal, dan akibatnya sel darah putih tersebut akan terkonsentrasi pada kelenjar limpa dan mengakibatkan terjadinya masalah dan gangguan seperti pembengkakan pada kelenjar limpa. Jadi sebaiknya selalu rajin memeriksa kadar sel darah putih, agar dapat mengetahui dan terhindar dari gejala gangguan ini, karena jika tidak, terjadinya pembengkakan kelenjar limpa juga akan memicu timbulnya penyakit lain yang berbahaya pada tubuh.
  3. Mengalami Pendarahan
    Kondisi tubuh yang kadar sel darah putihnya di atas normal juga dapat memicu teradinya pendarahan, orang yang memiliki darah putih tinggi akan kerap mengalami pendarahan pada hidung atau mimisan, Selain itu gejala lain yang dapat terjadi ketika darah putih tinggi adalah adanya bintik kemerahan pada kulit terutama kulit bagian tangan dan kaki. Hal itu dikarenakan darah putih yang merupakan salah satu sel yang membentuk komponen darah merah mengalami peningkatan jumlahnya, sehingga tak heran jika tingginya darah putih tersebut mampu mengakibatkan pendarahan.
  4. Mudah Terserang Penyakit
    Salah satu fungsi sel darah putih dalam menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari serangan penyakit, namun jika jumlah dan kadar sel darah putih diatas normal maka hal itu akan membuat sel darah putih mengalami kinerja yang tidak baik dalam menjaga kekebalan tubuh. Dan akibatnya tubuh menjadi lebih mudah terserang virus dan bakteri penyebab penyakit.
  5. Mengalami Nyeri Tulang
    Kondisi tulang manusia memang membutuhkan asupan dan juga sel darah putih agar dapat tetap sehat, biasanya kondisi kelainan tulang seperti rasa nyeri terjadi hanya pada mereka yang sudah lanjut usia. Namun ketika tubuh anda mengalami peningkatan jumlah sel darah putih, meskipun masih berusia muda anda akan kerap merasakan gejala nyeri tulang akibat tinggi sel darah putih tersebut. Selain terasa nyeri pada tulang, kelebihan darah putih juga dapat memicu rasa nyeri pada bagian perut, hal itu dikarenakan kadar darah putih yang melimpah akan terkumpul pada ginjal, empedu dan hati. Sehingga rasa nyeri di bagian perut akan sering anda rasakan.

Meskipun kerap tak diperhatikan jumlah dan kadarnya dalam tubuh, perlu anda ketahui bahwa sel darah putih juga memiliki perang penting terhadap kesehatan dan metabolisme tubuh kita. Jadi mulai sekarang, tetap jaga kesehatan dan hindari makanan yang dapat mengganggu kesehatan. Pasalnya salah satu faktor utama tingginya kadar sel darah putih adalah akibat adanya gangguan kesehatan seperti infeksi dan peradangan di dalam tubuh.