Inilah Cara Membakar Kalori Ketika Tidur

Posted on

Inilah Cara Membakar Kalori Ketika Tidur – Kalori adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh sebagai energi, kalori ini sendiri berasal dari makanan yang kita konsumsi setiap hari. Kadar kebutuhan kalori dalam tubuh sejatinya harus kita penuhi agar mendapatkan energi maksimal dan kesehatan tubuh. Kalori berasal dari karbohidrat, protein dan lemak. kalori yang diproduksi dari kandungan di dalam makanan tersebut akan disalurkan secara sempurna dan dibakar menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. Kelebihan kadar kalori memang tidak baik, pasalnya tinggi kalori tubuh dapat menghambat pembentukan energi serta dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Kalori dalam tubuh membutuhkan proses pembakaran agar dapat berfungsi sebagai energi untuk tubuh, sehingga pengendapan lemak di dalam tubuh akan berubah menjadi kalori dan dibakar menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. Namun untuk membakar kalori dibutuhkan aktivitas-aktivitas yang meningkatkan suhu tubuh, seperti olahraga dan aktivitas lainnya. Mereka yang cenderung kurang banyak melakukan aktivitas, lebih mudah terserang penyakit berbahaya akibat kadar lemak di dalam tubuh tidak mampu diubah menjadi kalori.

Namun faktanya, kesibukan dan rutinitas sehari-hari kerap memaksa orang tidak lagi melakukan kegiatan-kegiatan yang mengeluarkan keringat. Orang lebih suka berdiam diri di dalam ruang dengan suhu sejuk dan dingin. Padahal untuk membakar lemak menjadi kalori yang kemudian akan dirubah menjadi energi membutuhkan suhu tubuh yang tinggi, atau artinya agar proses pembakaran kalori lebih cepat adalah dengan melakukan aktivitas yang memicu produksi keringat pada tubuh. Sehingga tak heran, jika mereka yang tidak menghiraukan pentingnya membakar lemak menjadi kalori akan kerap mengalami gangguan kesehatan.

Membakar kalori sejatinya tidak harus dilakukan dengan cara melakukan aktivitas yang membuat tubuh berkeringat. Namun dalam kondisi tidur pun kita masih bisa melakukan pembakaran lemak di dalam tubuh, dengan syarat cara tidur yang anda lakukan sudah baik dan benar. Untuk lebih jelasnya berikut cara membakar kalori ketika tidur.

  1. Suhu Kamar yang Dingin
    Jika anda ingin tetap membakar kalori saat tidur maka sebaiknya coba atur suhu kamar anda menjadi lebih dingin dan sejuk. Pasalnya ketika anda tidur dalam kondisi suhu yang dingin, maka secara otomatis tubuh akan bekerja untuk menaikkan suhu tubuh agar menjadi lebih panas. Aktivitas tersebut tentu membutuhkan pembakaran kalori agar suhu tubuh menjadi meningkat. Dan menurut para ahli orang yang tidur pada ruangan bersuhu 19 drajat celcius akan dapat membakar kalori sebanyak 7%. Meskipun tidak terlalu banyak, namun pembakaran tersebut sudah dapat memberikan energi pada saat kita terbangun.



    Baca Juga Artikel Bermanfaaat Berikut:

  2. Konsumsi Sedikit Makanan Namun Sering
    Mengonsumsi makanan berlebihan memang tak hanya dapat merusak sistem pencernaan saja, namun tinggi lemak dan kalori di dalam tubuh juga membuat sistem metabolisme menjadi tidak lancar. Jadi sebaiknya agar tubuh anda tetap terus membakar kalori, konsumsi makanan dalam jumlah yang sedikit namun secara sering. Jika biasanya anda mengonsumsi satu porsi makanan sebanyak 3 kali dalam sehari, maka anda bisa mengurangi porsinya dan mempersering durasi makan anda. Dengan durasi makanan yang sering akan membuat tubuh terus melakukan pembakaran kalori bahkan saat tidur sekalipun.
  3. Tidur Dengan Mematikan Lampu
    Pada saat anda tidur, sebaiknya matikan dan jadikan suasana kamar anda menjadi gelap. Pasalnya dengan kondisi gelap tersebut tubuh akan menghasilkan hormon melatonin yang sangat berperan untuk membakar lemak dalam tubuh. Sedangkan ketika kamar anda dalam keadaan terang, maka produksi hormon tersebut menjadi berkurang. Dan fakta menariknya, wanita yang tidur di kamar gelap memiliki peluang terhindar dari obesitas sebesar 21% dibandingkan mereka yang tidur di ruangan terang pada malam hari.

    Jadi ketika anda memiliki berat badan yang cukup berlebih dan ingin menurunkan serta membakar kadar kalori di dalam tubuh, namun enggan melakukan olahraga maka cara termudah nya adalah dengan menjaga kualitas tidur agar ketika tidur tubuh anda juga tetap bisa membakar kalori. Dan yang paling penting, tidur dengan kondisi ruangan yang gelap selain tak hanya mampu membuat tubuh membakar lemak lebih banyak, saraf dan otak juga akan beristirahat total dan dapat kembali bekerja optimal keesokan harinya.

Demikianlah tadi ulasan kita pada kesempatan kali ini mengenai Cara Membakar Kalori Ketika Tidur. Anda tak bisa benar-benar mengandalkan aktivitas tidur namun tetap membakar kalori untuk benar-benar memiliki tubuh sehat dan berat badan ideal. Tetaplah rutin melakukan olahraga serta rajin mengonsumsi makanan-makanan kaya nutrisi dan vitamin. Karena kelebihan lemak dan kalori adalah awal dari timbulnya penyakit berbahaya dalam tubuh. Semoga ulasan diatas dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan kita, khususnya bagi anda yang memiliki berat badan berlebih dan ingin menurunkannya. Salam sehat selalu!