10 Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Posted on
Apokat (KBBI: Avokad), alpukat, atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.

Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut. Apa sajakah manfaat dari mengkonsumsi buah alpukat bagi kesehatan tubuh? akan kami ulas selengkapnya di bawah ini:

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.
    Semangka merupakan salah satu buah yang mengandung sumber vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit disaat cuaca kurang baik atau sangat ekstrem.
  2. Jantung yang Lebih Sehat.
    Buah semangka merupakan sumber likopen. Likopen yang terkandung dalam buah semangka berperan penting untuk menjaga kesehatan organ jantung yang anda miliki.
  3. Perlindungan dari Radikal Bebas.
    Berbagai asap pabrik, asap kendaraan bermotor serta udara kotor yang terhirup dapat memicu masuknya radikal bebas yang bisa mengancam kesehatan tubuh anda. Semangka mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas yang masuk ketubuh seseorang.
  4. Mengurangi Resiko Diabetes.
    Diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya, terutama karena perkembangan makanan sehat yang sudah semakin sulit kita dapatkan. Jika anda merasa sering lapar, haus, sering kencing, berat badan turun drastis, anda patut memeriksanya ke dokter.Lalu apa peran dari alpukat untuk masalah ini? alpukat dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik dalam darah). Menjaga asupan kolesterol ini akan sangat membantu mengurangi resiko terjadinya diabetes.
  5. Mencegah Kanker.
    Alpukat kaya akan fitokimia yang telah dilakukan penelitian dapat membantu mencegah perkembangan kanker tertentu. Ilmuwan yang meneliti karakteristik kemopreventif alpukat menyimpulkan bahwa phytochemical dari buah alpukat adalah strategi diet yang sangat baik dalam pencegahan kanker.”
  6. Mencegah Tekanan Darah Tinggi.
    Alpukat merupakan salah satu buah yang menjadi sumber kalium cukup besar, yang membantu dalam mengontrol tekanan darah dalam tubuh.



    Baca Juga Artikel Berikut ini untuk menjaga kesehatan tubuh anak-anak anda:

  7. Membuang Radikal Bebas.
    Manfaat antioksidan dalam tubuh kita adalah untuk membuang radikal bebas yang mungkin dapat menyebabkan penyakit tertentu hingga kanker. Buah ini merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk tubuh dalam mengeluarkan racun melalui keringat atau air seni kita.
  8. Membantu Kesehatan Mata.
    Alpukat adalah sumber lutein karotenoid, yang dikenal untuk membantu melindungi kesehatan mata yang disebabkan oleh bertambahnya usia seperti degenerasi makula dan katarak.
  9. Membantu Menurunkan Berat Badan.
    Masih banyak masyarakat Indonesia yang sangat terkejut bahwa makanan tinggi lemak dan kalori ini dianggap baik untuk menurunkan berat badan. Namun penelitian telah membuktikan bahwa asam lemak tak jenuh tunggal sangat baik digunakan sebagai pembakaran energi dan tidak disimpan sebagai lemak dalam tubuh.Energi pembakaran yang lambat dan tentunya adalah perasaan kenyang yang akan anda rasakan berhari hari sangat cocok untuk mengurangi rasa lapar dan nafsu makan bagi anda yang sedang diet.
  10. Anti-Inflamasi.
    Kemampuan alpukat untuk membantu mencegah peradangan yang tidak diinginkan benar-benar tidak diragukan lagi dalam dunia medis, karena telah ditunjang dalam berbagai penelitian. Istilah “anti-inflamasi” adalah istilah yang benar-benar berlaku untuk buah lezat ini. Nutrisi anti-inflamasi Alpukat yang jatuh ke dalam lima kategori dasar:

    • Pitosterol, termasuk beta-sitosterol, stigmasterol, dan campesterol
    • Antioksidan karotenoid, termasuk lutein, neoxanthin, neochrome, chrysanthemaxanthin, beta-cryptoxanthin, zeaxanthin, violaxanthin, beta-karoten dan alpha-karoten
    • Antioksidan lainnya (non-karotenoid), termasuk flavonoid epicatechin dan epigallocatechin-gallate 3-0, vitamin C dan E, dan mineral mangan, selenium, dan seng
    • Asam lemak omega-3, dalam bentuk asam alpha-linolenic (sekitar 160 miligram per cangkir irisan alpukat)
    • Alkohol lemak polyhydroxylated (PSA), sangat cocok untuk dimanfaatkan untuk anti inflamasi.

Meskipun mengkonsumsi buah-buahan adalah hal yang baik, namun mengatur pola makanan yang dianjurkan kesehatan secara keseluruhan adalah hal yang paling penting dalam pencegahan penyakit dan mencapai kesehatan yang baik. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang beragam daripada berkonsentrasi pada makanan tertentu, sebagai kunci untuk menjaga kesehatan tubuh yang baik.